Kamera Tersembunyi

Minggu, 09 Desember 2012

SISTEM BIAYA TAKSIRAN

SISTEM BIAYA TAKSIRAN


Sistem biaya taksiran adalah sistem akuntansi biaya produksi yang menggunakan suatu bentuk biaya-biaya yang ditentukan di muka dalam menghitung harga pokok produk yang diproduksi.

Sebagian dari biaya taksiran hampir mirip dengan biaya standar, kedua-duanya merupakan biaya yang ditentukan dimuka. Akan tetapi ada perbedaannya juga, yaitu dalam metode penentuan, pengumpulan, penafsiran dan penggunaannya. Dari perbedaan itu, perbedaan intinya adalah pada metode yang dipakai dalam penentuan norma fisik atau kuantitas.
  • Tujuan penggunan sistem biaya taksiran adalah:
=> Untuk jembatan menuju sistem biaya standar.
Jika manajemen menginginkan adanya sistem pengendalian dalam perusahaannya, maka manajemen jangan hanya melihat pada kegiatan history saja, akan tetapi juga perlu memperhatikan apa yang akan direncanakan untuk masa mendatang.
=> Untuk menghindari biaya yang relatif lebih besar dalam pemakaian sistem biaya standar.
=> Untuk pengendalian biaya dan analisis kegiatan.
=> Untuk mengurangi biaya akuntansi.

         Biaya taksiran biasanya dipecah menjadi tiga (3) unsur : biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Biaya taksiran dapat ditentukan atas dasar data masa yang lalu, dari perhitungan, dari rumus kimia atau matematis, atau secara sederhana dengan taksiaran.
         
Dalam penentuan taksiran biaya bahan baku yang dipakai untuk menghasilkan sejumlah produk tertentu, perlu dilakukan penaksiran tiap bahan baku yang dibutuhkan dan berapa harganya.

Untuk menentukan biaya tenaga kerja, harus diketahui dulu semua jenis kegiatan untuk mengolah produk karena jam tenaga kerja dipengaruhi kemampuan tiap karyawan dan jenis pekerjaannya. 

Untuk taksiran biaya overhead pabrik yang dibebanakan pada produk berdasarkan pada tarif yang ditentukan dimuka. Dalam menentukan tarif biaya overhead pabrik perlu diadakan pemisahan biaya overhead pabrik dalam unsur biaya tetap dan biaya variabel.





 Nama            :  Arien Kurniawan
Npm              :  21210064
Kelas             :  3eb20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar