Kamera Tersembunyi

Minggu, 09 Desember 2012

Macam, Jenis Serta Pengertian Ekspansi Bisnis

Macam, Jenis Serta Pengertian Ekspansi Bisnis - Merger,Akuisisi, Hostile Take Over dan Leverage Buyout:

Perluasan atau expansi bisnis diperlukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai efisiensi,menjadi lebih kompetitif, serta untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan. Ekspansi bisnis dapat dilakukan dalam beberapa metode, yakni:

1.      Merger Atau PenggabunganMerger adalah penggabungan dari dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yangterpadu. Perusahaan yang dominan dibanding dengan perusahaan yang lain akan tetapmempertahankan identitasnya, sedangkan yang lemah akan mengaburkan identitas yangdimilikinya.
jenis-jenis merger:
a.       Merger VertikalPerusahaan masih dalam satu industri tetapi beda level atau tingkat operasional. Contoh: Restoran cepat saji menggabungkan diri dengan perusahaan peternakan ayam.
b.       Merger HorisontalPerusahaan dalam satu industri membeli perusahaan di level operasi yang sama. Contoh:pabrik komputer gabung dengan pabrik komputer.
c.       Merger Konglomerasi
Tidak ada hubungan industri pada perusahaan yang diakuisisi. Bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan dari berbagai sumber atau unit bisnis. Contoh:perusahaan pengobatanalternatif bergabung dengan perusahaan operator telepon seluler nirkabel
 
2. AkuisisiAkuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor.Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. Contoh:Aqua diakuisisi oleh Danone, Pizza Hut oleh Coca-Cola, danlain-lain.

3. HostileTake Over atau Pengambil Alihan Secara PaksaHostile take over adalah suatu tindakan akuisisi yang dilakukan secara paksa yang biasanyadilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar. Pengambilalihan secara paksa biasanya diikuti oleh pemecatan karyawan dan manajer untuk diganti orang baru untuk melakukan efisiensi padaoperasional perusahaan.

4. Leverage BuyoutLeverage buy out adalah teknik pengusaan perusahaan dengan metode pinjaman atau utang yangdigunakan pihak manajemen untuk membeli perusahaan lain.
Terkadang suatu perusahaan targetdapat dimiliki tanpa modal awal yang besar


Nama : Arien Kurniawan. H
NPM : 21210064
Kelas : 3 EB 20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar