ANGGARAN BUDGETING
Anggaran Bisnis (Business Budgeting) adalah keseluruhan rencana dari kegiatan-kegiatan
perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (angka) dan dalam periode waktu tertentu
yang akan datang.
Unsur-unsur utama dalam anggaran:
Unsur-unsur utama dalam anggaran:
- Keseluruhan Rencana, merupakan penentuan kegiatan yang dilakukan pada
waktu yang akan datang.
- Kegiatan Perusahaan, meliputi seluruh kegiatan yang akan dilakukan oleh
semua bagian-bagian dalam perusahaan.
- Dinyatakan dalam angka, adalah unit yang dapat digunakan pada semua kegiatan
perusahaan yang bermacam-macam.
- Periode tertentu, adalah keseluruhan mengenai apa-apa saja yang akan
terjadi pada masa yang akan datang.
Terdapat 2 macam anggaran (budget):
- Budget Strategis, ialah anggaran yang berlaku untuk jangka panjang yaitu
melebihi satu periode akuntansi (melebihi 1 tahun)
- Budget Taktis, ialan anggaran yang berlaku untuk jangka pendek,
yaitu satu periode akuntansi atau kurang.
Budget disusun oleh panitia penyusun anggaran ( Budgeting
Committee ). Yang terdiri atas pemegang fungsi-fungsi utama ( Budget
Participative ).
Anggaran mempunyai 3 kegunaan pokok yaitu:
Anggaran mempunyai 3 kegunaan pokok yaitu:
- Sebagai pedoman kerja. Anggaran berfungsi sebagai pedoman kerja dan
memberikan arah serta target-target yang harus dicapai oleh
kegiatan-kegiatan perusahaan pada waktu yang akan datang.
- Sebagai alat koordinasi kerja. Dengan adanya anggaran semua bagian-bagian yang
terdapat di dalam perusahan dapat saling menunjang dan bekerja sama dengan
baik, untuk menuju pada sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan oleh
perusahaan.
- Sebagai alat pengawasan atau
pengendalian. Anggaran berfungsi sebagai
tolok ukur (alat pembanding) untuk menilai dan mengevaluasi realisasi
kegiatan perusahaan pada masa yang akan datang.
Disisi lain anggaran juga memiliki kelemahan antara lain:
- Anggaran (Budget) hanyalah
suatu alat.
- Anggaran (Budget) tidak
menggantikan posisi manajemen.
Proses penyusunan anggaran:
- Mencari faktor yang tersulit.
- Posisi perusahaan dalam
persaingan ( Leader / Follower ).
- Memperoleh data akurat.
- Ahli.
Cara penyajian:
- Angka akurat
- Informatif
- Mudah dilihat pergerakannya
Faktor yang mempengaruhi penyusunan budget yaitu:
- Faktor intern adalah faktor-faktor yang ada dalam perusahaan itu
sendiri. Factor-faktor tersebut antara lain berupa penjualan tahun lalu,
kebijaksanaan perusahaan, modal kerja yang dimiliki, tenaga kerja yang
dimiliki, kapasitas perusahaan yang dimiliki, dll.
- Faktor ekstern adalah faktor-faktor yang ada diluar perusahaan tapi
mempengaruhi kehidupan perusahaan. Factor-faktor tersebut antara lain
berupa keadaan persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, penghasilan
masyarakat, pendidikan masyarakat, penyebaran penduduk, agama,
adat-istiadat dan kebiasaan masyarakat, dll.
Anggaran (Budget) yang baik haruslah mencakup seluruh kegiatan perusahaan, yang sering dinamakan Budget Komprehensif. Secara garis besar isi dari Budget Komprehensif terdiri dari:
- Budget Taksiran (Forecasting
Budget), berisi taksiran-taksiran
tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dan keadaan (posisi) financial
perusahaan pada saat tertentu pada waktu yang akan datang.
- Budget Variabel, berisi tentang tingkat perubahan atau variabilitas
biaya, khususnya biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya ”semi-variabel”
sehubungan dengan adanya produktivitas perusahaan.
- Analisa Statistika dan
Matematika Pembantu, yang
dipergunakan untuk membuat taksiran-taksiran serta mengadakan penilaian
(evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja.
- Laporan Budget (Budget Report), yaitu laporan tentang realisasi pelaksanaan budget
yang dilengkapi dengan berbagai analisa perbandingan antara budget dan
realisasinya sehingga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang
terjadi dan sebab-sebabnya, baik yang bersifat positif (menguntungkan)
maupun negative (merugikan), sehingga dapat ditarik kesimpulan dan tindak
lanjut (follow-up) yang segera perlu dilakukan.
nama : arien kurniawan
npm : 21210064
kelas : 3eb20
Tidak ada komentar:
Posting Komentar